Apa Itu CMS?


  CMS adalah singkatan dari Content Management System, CMS terdiri dari dua elemen utama, yaitu CMA atau aplikasi manajemen konten, dan CDA atau aplikasi pengiriman konten. 

  CMA berfungsi untuk menangani pembuatan konten website sehingga user bisa menambahkan, mengelola, dan mengubah konten dengan mudah.

  CDA adalah bagian back-end software CMS, berfungsi untuk menyimpan dan mengelola semua konten yang disimpan pemilik website melalui CMA dan memublikasikannya agar bisa dilihat pengunjung. Secara default, CMS memungkinkan Anda membuat postingan dan halaman serta mengubah seluruh aspek desain website Anda. Biasanya tersedia juga fitur untuk SEO, fungsi pencarian, keamanan, dan opsi penyesuaian lainnya seperti plugin dan tema.

 Ekstensi atau plugin adalah komponen software yang menambahkan fungsi tertentu pada suatu aplikasi atau website.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan – Dengan CMS, Anda tidak memerlukan skill coding tingkat lanjut. Anda juga bisa mendapatkan dukungan untuk ekstensi dan template apabila memilih opsi premium.
  • Biaya yang efisien – Sebagian besar platform CMS tersedia gratis, serta menawarkan ekstensi dan template gratis.
  • Mudah disesuaikan dengan kebutuhan – Tersedia ekstensi dan plugin yang bisa diinstal untuk menambahkan fitur baru pada website Anda sesuai kebutuhan. Selain itu, ada banyak opsi yang bisa Anda pilih dari direktori resmi dan website pihak ketiga.
  • Manajemen user – Salah satu fungsi CMS adalah menyediakan fitur manajemen user. Misalnya, WordPress memungkinkan Anda mengatur user role dan hak istimewa dalam mengelola website.
  • Setup yang mudah – Kebanyakan CMS bisa diinstall secara gratis. Jadi, Anda hanya perlu membeli domain dan paket hosting murah saja.
  • Dokumentasi lengkap – Tersedia banyak dokumentasi online, halaman tanya jawab, deskripsi eksteinsi dan template, tutorial, serta video untuk membantu Anda mulai dari nol

Kelemahan:

  • Risiko keamanan – Apabila tidak diperbarui secara rutin, ekstensi dan template bisa memicu kerentanan yang bisa dieksploitasi oleh para hacker. Oleh karenanya, hacker cenderung paling banyak menargetkan website yang menggunakan CMS.
  • Fitur SEO minimal – Sejumlah platform CMS mungkin menyediakan beberapa tool SEO, tapi website Anda masih memerlukan upaya SEO manual dan ekstensi tambahan untuk mendapatkan ranking tinggi di SERP.
  • Fleksibilitas terbatas – Bisa cukup sulit untuk menerapkan fitur tertentu pada beberapa CMS kalau belum memiliki skill teknis atau tanpa menggunakan jasa developer


hehe😁

Komentar